Rabu, 26 Juni 2013

Anda Pelupa? Konsumsilah 7 Makanan Pendongkrak Daya Ingat Ini!

Anda Pelupa? Konsumsilah 7 Makanan Pendongkrak Daya Ingat Ini! - Anda masih muda tapi sudah sangat pelupa? Wah, kalau begitu artikel dibawah ini dapat membantu Anda!

Setiap orang ingin memiliki daya ingat yang tajam. Semakin Anda bertambah usia, sangat penting bagi untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi untuk menjaga kemampuan mental. Untungnya, 7 makanan dibawah ini dapat membantu meningkatkan memori Anda.

1. Walnut
Walnuts atau kenari sering dianggap sebagai makanan bagi otak. Bukan hanya karena bentuknya yang seperti otak, tapi karena walnut juga merupakan sumber asam alfalinolenat yang sangat baik, yaitu jenis lemak omega 3 yang digunakan tubuh untuk membuat DHA yang diperlukan untuk meningkatkan memori. Walnut juga mengandung antioksidan yang disebut asam ellagic, yang membantu melindungi otak dari kerusakan radikal bebas.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa adalah jenis makanan sempurna karena mengandung asam lemak rantai menengah yang berlimpah. Kandungan ini merupakan sumber energi yang luar biasa bagi otak. Gunakan sekitar 20 ml minyak kelapa perhari untuk untuk ditambahkan pada minuman atau dicampurkan pada yoghurt Anda. Minyak kelapa juga sehat jika digunakan untuk memasak asalkan Anda tidak memasaknya dengan suhu yang tinggi karena akan merubahnya menjadi lemak trans.

3. Telur
Telur adalah salah satu makanan terbaik penghasil kolin, yaitu nutrisi penting yang digunakan untuk memproduksi asetilkolin, suatu neurotransmitter yang membantu dalam peningkatan memori.

4. Teh hijau
Masyarakat di Cina telah lama percaya bahwa minum teh hijau baik untuk daya ingat. Ini dikarenakan teh hijau alami banyak mengandung zat kimia EGCG (epigallocatechin gallate-3), yang merupakan antioksidan kuat. Menurut penelitian yang dikeluarkan oleh Molecular Nutrition & Food Research, EGCG bermanfaat untuk memerangi penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia, termasuk meningkatkan fungsi kognitif dan memori. Minum 3 cangkir teh hijau organik setiap hari untuk mendorong kemampuan daya ingat Anda.

5. Rosemary
Secara tradisional, rosemary telah digunakan untuk meningkatkan memori. Minyak esensial rosemary juga sering digunakan dalam aromaterapi yang berfungsi untuk meningkatkan memori dengan mengurangi kecemasan dan menurunkan kadar kortisol.

6. Minyak ikan
Salmon, sardin, dan ikan berminyak lainnya kaya akan DHA (docosahaexaenoidacid), jenis asam lemak omega 3 yang berperan penting mengoptimalkan kinerja otak dan memori. Minyak ikan ini akan menjaga selaput sel otak menjadi fleksibel sehingga pesan memori dapat mengalir dengan mudah melalui sel-sel. Makan ikan tiga kali seminngu dan mengonsumsi minyak ikan yang berkualitas baik akan membantu meningkatkan memori Anda.

7. Buah beri
Makan lebih banyak buah! Menurut sebuah makalah yang diterbitkan dalam Annals of Neurology, wanita yang memiliki asupan tinggi buah dalam diet mereka akan mengalami tingkat kehilangan memori yang lebih lambat. Buah beri mengandung anthocyanidins dan flavonoid yang tinggi. Masing-masing berkaitan dengan penurunan kognitif tingkat rendah. Konsumsilah setengah cangkir blueberry atau 1 cangkir stroberi setiap minggu. Semakin banyak buah yang dimakan, semakin baik.

So, bagi Anda yang pelupa, mulai sekarang pastikan Anda mengonsumsi makanan diatas ya! Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar